Entri Populer

Selasa, 12 Juli 2011

3 S (SUKSES,SEHAT &SELAMAT) KEHENDAK ALLAH DALAM HIDUPMU JIKA ENGKAU HIDUP DALAM KEBENARAN

Selamat, Sehat & Sukses
Adalah kehendak Allah dalam hidupmu
Penjelasan Umum.
      “Theologia kemakmuran” Pernah menjadi perdebatan di kalangan Theolog dan kaum awam. Pihak yang setuju menyatakan bahwa orang percaya selain diselamatkan oleh karya Kristus di kalvary diberi hak juga mendapatkan kesehatan yang sempurna dengan menikmati berkat-berkat dari Allah. Mereka mengambil contoh para Bapa-bapa Israel (Patriakh) yang diberkati secara materi secara luar biasa, seperti Abraham, Ishak, Yakub, Salomo Daud, dll. Dari pihak oposisi menyatakan bahwa materi itu sumber segala kejatuhan, duniawi dan harus dihindari. Mereka juga menekankan bahwa Yesus dan Paulus mengajarkan hidup sederhana Mat 6:11,Luk 6:20 I Tim.6:8.
      Dalam sejarah Gereja kita melihat cara Allah menerapkan PrinsipNya dalam soal materi dengan beberapa keseimbangan perlu dipertahankan. Di kala kebangunan rohani dalam Gereja mula-mula, orang-orang datang menaruh kekayaan di kaki Rasul-rasul maka pada tahun 70, Jendral Romawi Titus menguasai Yerusalem dan menghancurkannya. Orang percaya tercerai berai keseluruh dunia Bukan hanya itu saja orang percaya kembali dalam kehidupan salib, Asketikisme(penyangkalan diri) bahkan sampai mati sahid. Hampir semua Bapa-bapa gereja hidupnya sederhana, menjauhi duniawi , masuk Biara (hidup terasing )dan kebanyakan mati sahid. Kehidupan mereka kembali menjadi cara hidup Apostolik (Rasul-rasul) Sebagai contoh: Origenes, Ambrosius,Tertulianus, Polycarpus, Athanasius dan Augustinus. Pada saat kemenangan secara Politis dicapai oleh Konstantin Yang Agung, kembali Gereja dibujuk oleh rayuan materi dan kemewahan duniawi, Gereja dan Politik Negara disatukan. Gereja yang tadinya menderita aniaya (Persecution) oleh Penguasa sekarang menjadi Penguasa yang memaksa bangsa-bangsa yang tidak percaya (Crusade). Gereja masuk dalam kekuasaan otoriter, keserakahan dan kemewahan.
      Tapi apa yang terjadi pada puncaknya dizaman Augustinus, Bangsa-bangsa Barbarian menyerbu Roma dan orang-orang kafir kembali menguasai. Augustinus dalam bukunya “City of God” mendambakan suatu “Kerajaan Allah’ yang bukan dari materi dan keduniawian tapi oleh Damai Sejahtera, Sukacita oleh Roh Kudus dan menerapkan prinsip Kerajaan Allah yang diajarkan oleh Kristus. Dan di Saman Yohanes Calvin kembali etos kerja protestan disosialisaikan dibantu dengan teori teori ekonomi dan sosiologis Adam Smith , Emile Durkheim, ditambah lagi dengan perkembangan Teknology yang canggih, kejayaan Kapitalis dan pengutamaan materi dan kekayaan berkembang mempengaruhi masyarakat dunia termasuk komunitas Kristen
Materi Pembahasan:
  • Janji Allah bagi kebutuhan manusia
  • Janji - janji Allah
  • Realita Allah dan Setan
  • Sumber Dosa, Sakit dan Kemiskinan
  • Sumber Penyembuhan
  • Berdo’a untuk kebutuhan Hidup
  • Merasakan Hadirat Allah
  • Manfaat Iman

Kunci Membuka Janji-janji Allah
  • Mengetahui Allah dan Rencana-Nya
  • Kunci Membuka Semua Janji
  • Bukti Kelahiran Baru
  • Kelimpahan dan Uang
  • Kuasa Bersama Allah

Kuasa mengalahkan dosa, penyakit dan kemiskinan
  • Kuasa mengatasi dosa
  • Kuasa Allah mengatasi penyakit
  • Kuasa atas kemiskinan

Membawa kemuliaan kepada Setan
  • Ketidakpercaan
  • Ketakutan, Penyakit ganggguan & Kematian
  • Waktu ujian dan percobaan
  • Merampas janji Allah
  • Mempromosikan karyaNya
  • Gagal mewujudkan karyaNya.

Bisakah orang percaya hidup menderita
  • Isi penderitaan orang kristen
  • Allah tidak mengirim penderitaan
  • Gunakan akal sehat
  • Menderita bukan pada tempatnya.
  • Kebenaran mengenai penderitaan
  • Pengalaman Ayub
  • Pelajaran dari Ayub
  • Kesalahan Ayub terbesar
  • Allah adalah “orang tua sejati”
  • Mengapa orang Kristen menderita
  • Mengapa orang Kristen tak perlu menderita.

10 Hukum Hidup Kelimpakan:
  • Kehendak Allah Hidup Kelimpahan
  • Allah sebagai Partner
  • Pekerjaan yang dikehendaki Allah
  • Iman kepada Allah
  • Berani memulaikan usaha
  • Taatilah Peraturan
  • Cari Kerajaan Allah
  • Memberi kepada orang lain
  • Persepuluhan

Tujuan lnstruksional Umum (TIU)
      Diharapkan Peserta dapat memahami Rencana Allah bagi hidup manusia yaitu selamat, sehat, dan sukses dan mengetahul keseimbangan antara Kelimpahan dan Kehidupan Salib. 
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
  • Menyebutkan
  • Mendefinisikan
  • Membedakan
  • Membandingkan
  • Menerangkan
  • Menjelaskan
  • Membuat Urutan
  • Mendaftarkan
  • Menuliskan
  • Menggambarkan
  • Menentukan

  1. Tugas - tugas (Assignment) dan Petunjuk belajar
  • Mengikuti metoda belajar “Lamad” yang menekankan pada iluminasi, intuisi dan perjumpaan rohani dalam menguasai materi pelajaran ini selama menggunakan daya nalar, Analisa dan Pertimbangan Akal dan transmisi Roh.
  • Biasakan setiap kali melakukan kegiatan pembelajaran dimulai dengan doa, penyembahan dan meditasi, mendengarkan dari Tuhan dan menuliskannya (Jurnaling) dalam catatan.
  • Mengisi tes tes formatif dan dikembalikan untuk dinilai

  1. Menyusun makalah (Paper) ilmiah diketik 2 spasi, kertas Quarto/A4, mengikuti peraturan peyusunan makalah (Turabian atau Chicago)kusus program DIII dan S 1.
Dengan judul ( PiIih salah satu)
  • Tanggapan terhadap Theologia kemakmuran
  • Kharismatik dan Prosperity Message
  • Studi tentang Kesuksesan menurut Hagin, Schuler, dan Norman Peale
  • Tinjauan Alkitabiah mengenai Kemiskinan & Kekayaan.
  • Kehendak Allah bagi hidup manusia

  1. Diharapkan memiliki buku - buku kepustakaan sbb:
  • “Ekonomi Allah” karangan Dr. H. L. Senduk
  • “Financial Freedom” karangan Larry Burket
  • “Bisnis Kristen” karangan Myron Rush
  • “Lebih dari Cukup” karangan John Avanzini
  • “Dimensi Ke-empat” karangan Dr. David Cho
  • “Financial Freedom” karangan Bill Gothard
  • “Etika Sosial Ekonomi” karangan Dr. Verkuyl
  • “ God@ Work” karangan John Maxwell
  • “Blessing(Berkat) “ Karangan Tim SOM Bethany














BAB I
JANJI ALLAH BAGI KEBUTUHAN MANUSIA 
      Dalam Alkitab terdapat Ajaran Fundamental mengenai solusi kebutuhan pribadi seluruh manusia. Hal ini sangat membantu kita mengerti rencana Allah dan mulai mengharapkan Allah menepati janji-Nya. Pelajaran ini membantu Anda secara pribadi mendapatkan manfaat secara fisik, materi, moral dan spiritual. Disini juga diperlihatkan apa yang didapatkan dari Injil dan Janji-janji Allah dan bagaimana cara mendapatkannya.
      Melalui pelajaran ini anda akan yakin bahwa Alkitab adalah Firman Allah yang kekal bukan hanya menghibur (to entertain) anda tapi menolong anda dalam segala kebutuhan hidup setiap hari. 
  1. JANJI-JANJI ALLAH (God’s Promises)
      Dalam Alkitab tercantum ribuan janji termasuk janji berkat (Para Pakar menghitung ada 30.000 janji/nubuatan dan 8.000 janji berhubungan dengan berkat keselamatan, perlindungan, pembebasan dan lain-lain). Jika kita mulai mempercayai dan bertindak sesuai dengan janji tersebut tanpa mempertanyakannya, kita akan menikmati janji Allah tersebut Apakah janji itu disertai persyaratan (condition). Penuhilah persyaratan dan anda akan mendapatkan manfaatnya. Anda jangan sekali-kali walau sedetikpun meragukan danmempertanyakan apa yang dikatakan dalam janji tersebut. Firman itu berarti seperti yang tercantum, jika tidak untuk apa Allah Firmankan atau Inspirasikan kepada penulis Alkitab.
      Dan jangan juga meragukan apakah Firman itu benar, atau apakah Firman itu masih berlaku di masa sekarang. Jika engkau ragu-ragu engkau telah menerima bibit keraguan yang dilontarkan oleh iblis. Inilah penyebab kejahatan manusia pada mulanya. Dan hal inilah yang Anda harus menangkan. Apabila anda mau mendapatkan manfaat (benefit) terhadap janji-janji Allah.
      Belajarlah Prinsip Here And Now (disini dan sekarang) supaya engkau tidak dapat meragukan Firman Allah dan berkata Allah pembohong. Ia menuntut iman dari anda terhadap firman-Nya sebelum Ia mengijinkan diri-Nya untuk memenuhi kebutuhanmu dan memenuhi janji-Nya kepadamu.
      Inilah pelajaran pertama yang engkau harus pelajari. Ini adalah suatu perintah (imperative).
      Engkau sudah dapat melihat melalui janji-janji bahwa kehendak Allah adalah untuk anda memiliki segala sesuatu dalam kehidupan apa yang engkau inginkan.
      Allah mencintai anda dan menginginkan engkau hidup babagia (happy), sehat (healthy), diberkati (wealthy) dan sukses dalam hidup ini melebihi apa yang anda impikan.
      Percayalah kepada Allah. Milikilah sikap yang benar terhadapnya dan percaya apa yang dikatakan begitulah yang Ia maksudkan. Mulailah bekerja sama dengan Allah dalam meminta dan menerima berkat-berkat di kehidupan ini. Allah tidak memaksa anda untuk menerima berkat ini. Haruslah ada sikap kerinduan di pihak anda. Allah telah membuat sederhana dalam firman-Nya. Apa yang engkau harus lakukan (What you must do) dan apa yang Ia janjikan akan dilakukan. (What the promises to do).
      Jika engkau lakukan bagian anda, Ia tidak dapat mengingkari hukum-Nya sendiri dan ia tidak akan gagal memenuhi janji-Nya kepadamu. 
  1. REALITAS ALLAH YANG HIDUP
      Iman dalam Allah dan perjanjian-Nya adalah syarat dasar (Presuppose) eksistensi Allah yang penuh kasih, adil dan benar. Engkau harus percaya kepada Allah jika engkau mau segala manfaat dan janji-Nya. Dan haruslah percaya bahwa Alkitab adalah Firman-Nya.
      Kita harus mulai atas dasar fundamental Alkitab dan sementara anda menerima manfaat janji-Nya engkau akan memiliki bukti terbesar (Best Proof) bahwa Allah eksis. 
  1. REALITAS SETAN, MALAIKAT JATUH DAN ROH JAHAT.
      Alkitab tidak hanya mengajarkan realitas Allah, Yesus Kristus dan Roh Kudus tapi juga mengajar realitas musuh Allah dan manusia seperti setan, malaikat jatuh dan roh-roh jahat.
      Bukti-bukti mereka:
  1. Setan - I Taw. 21: 1; Ayb. 1: 6; II Kor. 4:4
  2. Malaikat jatuh - Mat. 24:41; Why. 12:7-12
  3. Roh-roh jahat - Mat. 4:23-24; I Yoh. 4:1-6

  1. SUMBER DOSA, SAKIT DAN PENYAKIT
      Alkitab mengajarkan bahwa setan dan roh jahat adalah sumber dosa dan penyakit. Merekalah yang mempropagandakan dosa dan penyakit, dan mengontrol hukum dosa dan kematian dalam ras manusia (Mat. 4:23-24; Yoh. 10:10 Kis. 10:38).
Alkitab juga mengajar bahwa Allah mengutus Yesus ke dalam dunia untuk menyelamatkan manusia dari dosa (Mat. 1:21; Ef. 1:7; 1 Yoh. 1:7-9).
  • Untuk menyembuhkan manusia dan seluruh penyakit dan membebaskan manusia dan roh jahat, Mat. 8:16-17; Kis. 10:38.
  • Untuk menjawab doa-doa untuk segala sesuatu yang seseorang inginkan dalam janji Allah, Mat. 7:7-11; 17:20; Mar. 11:22-24; Yoh. 14:12-15; 15:7.

  1. 2 SUMBER PENYEMBUHAN
  1. Setan dan roh jahat penyebab penyakit dapat menyingkirkan penyakit.
      Mereka menguasai manusia dalam kekalahan dan penyakit selama mungkin. Allah dapat membebaskan tapi jelas diajarkan dalam Matius 12:43- 45. Roh jahat dapat meninggalkan manusia tapi bisa kembali lagi apabila manusia menginginkannya. Fakta bahwa setan akan pergi jika diusir (Mat. 10:22-32; Kis. 19:11-17).
      Setan menipu manusia dengan ajaran palsu supaya manusia menolak misi Keselamatan.
      Diakhir zaman kuasa roh jahat akan bertambah aktif bahkan melakukan juga tanda-tanda mujizat supaya dapat menipu orang pilihan Allah. Mat 24:24; I Tim. 1-8.
      Banyak agama palsu saat ini dapat menyembuhkan orang. Mereka menipu pengikutnya untuk tidak mengetahui sumber dan manifestasi tersebut. Tidak selamanya mereka berasal dari Tuhan.
      “Orang akan berkata: Bukankah dengan nama Tuhan, kami bernubuat, mengusir setan dan mengadakan tanda ajaib?
      Tapi Aku berkata: “I NEVER KNEW YOU (Aku tidak kenal kamu). Pergilah dari sini. Kamu yang melakukan kejahatan. Mat. 7:21-23.
      Agama ini menolak darah Yesus, Kelahiran Baru, Kebangkitan Yesus dan seluruh substansi Injil yang akan menyelamatkan manusia dalam kekekalan.
      Iblis menyokong kotbah-kotbah kesembuhan seperti ini. Mereka mengklaim bahwa ajaran mereka benar. Padahal mereka menolak ajaran Yesus dan salibNya. Kis. 4:12.
  1. Allah adalah sumber yang benar bukan Iblis atau Roh jahat
      Kami membawa berita sejati dari Alkitab, atas dasar otoritas Firman Allah anda mendapatkan kesembuhan, kelimpahan dan jawaban-jawaban doa dan segala sesuatu yang Allah janjikan asalkan anda mengikuti dengan setia perintah-Nya dan tidak menolak Allah, Yesus dan Roh Kudus. Anda akan mengenal Allah dalam realitas dan menikmati kepenuhan Allah dalam hidupmu sementara engkau berjalan dalam kebenaran dan “Conform” dengan kehendak-Nya.
      Dan kemudian jiwa anda diselamatkan dan menerima hidup yang kekal bukan kebinasaan kekal seperti yang akan diterima oleh pengikut agama palsu.
      Kita harus dapat membedakan 2 sumber bantuan, kita dapatkan pertolongan dari setan jika kita menolak kebenaran namun jika kita mencari Allah yang benar menjadi sumber pertolongan maka anda mendapatkan semua (All) yang anda inginkan dalam hidup ini termasuk pada hidup yang akan datang.
  1. Hal yang ketiga dilakukan adalah percaya bahwa dosamu sudah diampuni dan anda sekarang menjadi anak Allah. Allah mendengarkan doa anda dan mengampuni anda (Yes. 55:7; I Yoh. 1:9).
  2. Hal yang keempat adalah mulailah membaca Alkitab dan berdoa sebanyak mungkin bukan untuk dipamerkan tetapi di tempat yang sepi engkau bisa berbicara kepada Allah seperti kepada sahabat.
Jika Iblis menghalangi anda jangan hiraukan, berperanglah dalam otoritas Firman/ nama Yesus dan kuasa Roh Kudus yang ada dalam hidupmu sebagai anak Allah. Roma 8:9-16, Yudas 20-24. Anda bisa bekerja sama dengan Allah dan Allah dan all things are possible to him that believe (Mark. 9:23). Hanya satu hal yang mengalahknn engkau adalah “kekurangan iman” (Ibr. 11:6). 
  1. BAGAIMANA BERDOA UNTUK KELIMPAHAN HIDUP
      Anda diundang Allah untuk meminta dan menerima segala sesuatu (anything) yang engkau inginkan (want) tidak hanya apa yang engkau butuhkan tapi juga apa yang anda inginkan tercakup dalam janji-janji Allah.
      Mungkin hal ini berlawanan dengan pikiran modern diantara orang kristen tapi hal ini benar. Yang anda baca adalah janji Allah baca berulang kali dan lupakan segala batasan-batasan.
      Lupakan doa kuno : Jika kehendak-Mu (If it be thy will) karena adalah kehendak Allah bagi anda untuk meminta apa yang anda kehendaki dan akan terjadi bagimu ... (Mar. 11:22-24, Yoh. 15:7).
      Mengapa kita bertanya kepada Allah / kehendak-Nya jika kita sudah mengetahui jelas kehendak-Nya dalarn firman-Nya. Dengan kata lain: apa yang Allah janjikan itu adalah kehendak-Nya, sehingga mintalah dan terimalah.  
Bagaimana Caranya Berdoa
Jika anda sebagai petobat baru ikutilah pertunjuk-pertunjuk di bawah ini :
  1. Pertama-tama yang anda lakukan adalah menyadari bahwa anda adalah orang berdosa dan Kristus mati menyelamatkan anda dari dosa (Kol. 1:20; 1 Pet 2:24) Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah.
  2. Yang kedua yang anda lakukan adalah mulai berdoa langsung kepada Allah yang telah didukakan oleh dosa-dosamu.
Akuilah dosamu seperti kepada seseorang yang engkau telah sakiti (Luk. 18:9- 14; I Yoh. 1:9). Allah mencintai anda, Ia tidak akan menyakiti engkau kecuali engkau menolak dia sampai akhir. Sadarilah bahwa Ia mengasihi engkau dan memberi Yesus untuk menyelamatkanmu Yoh. 3:16. Ia menolong anda dalam masalah-masalah yang engkau hadapi. Jadi, terimalah Yesus sebagai mitra dalam hidupmu sekarang. Baca Roma 10:9-10; I Yoh. 1:7-9 dan lakukan apa yang diperintahkan dalam ayat-ayat tersebut Maukah anda mengetahui bahwa dosamu sudah diampuni dengan menerima Yesus sebagai Juru Selamat? Kemudian lakukan apa yang diperintahkan-Nya. Lupakan semua agama manusia dan teori-teori manusia. Konsentrasi pada satu tujuan, berdamai dengan Allah Tidak ada gereja/agama yang menyelamatkan, Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat, hanya Dia saja yang dapat menghapus dosa-dosa anda.
Jika anda belum pernah berdoa, doa pengampunan, ikutilah kata-kata dalam doa ini :
Ya Tuhan kasihanilah aku yang berdosa ini ….
Ampunilah segala dosaku dan hapuskanlah pelanggaranku, bersihkanlah aku dari segala kejahatanku dan jadikan aku bersih oleh darah Yesus Kristus dan oleh kuasa Roh Kudus. Aku pusatkan hidupku untuk melayanimu dan melakukan yang baik kepada sesama dan berjalan dalam terang firman-Mu. Aku percaya engkau mengampuni aku menurut firman-Mu. Di dalam Yesus aku berdoa. Amin!!
Apabila Engkau mengikuti prinsip yang sederhana itu maka hidupmu akan bahagia dan penuh kemenangan dan Allah akan membuat Engkau berhasil bagi segala sesuatu dalam hidupmu. Pada waktu Engkau minta dengan iman tanpa keraguan (Yak. 1:5-9; lbr. 11:6). 
      Setelah anda mengaku dosa-dosamu kepada Allah, anda jangan kuatir lagi akan dosa-dosa masa lalu. Semua yang telah diampuni dan disucikan oleh Darah Yesus; Allah tidak akan ingat lagi (Ef 1:7;Kis. 3:19).
      Karena Allah sudah tidak ingat lagi, jangan lagi hal itu mengganggu pikiranmu. Hiduplah bersama Allah (Ams. 28:13). Apabila anda dicobai oleh kebiasaan lama dan dosa, tolaklah dengan Penolakan yang tegas. Jangan bermain lagi dengan iblis dan dosa: Menjauhlah sejauh mungkin. Taruhlah pikiranmu kepada Allah dan pada Kebaikan-Nya bagimu. Mendekatlah kepada Allah, Cintailah Allah dan sesama. Mulailah mengucapkan syukur kepada Allah yang membebaskan anda dan kejahatan dan kuasa pencobaan akan dipatahkan (Yak. 4:6-10; Kor. 10:112- 114).
      Jangan menyerah kepada Pencobaan, karena jika anda menyerah akan lebih sulit lagi untuk menghancurkannya kali berikut. Putuskan hidupmu dengan kebiasaan lama dan berjalanlah dalam Roh dan dalam terang kebenaran. Dan ini menjadi mudah bagi anda hidup dalam kemenangan (Gal. 5:16-26; Rm. 8:1-3).
      Jika Engkau jatuh dalam Percobaan, Datanglah dengan segera kepada Allah dan minta Pengampunan dan Ia akan mengampuni dan memberikan Kuasa untuk menang (II Kor. 5:17-18; I Yoh. 1:9). Kristus akan merobah hidupmu dan membuat engkau bahagia, bebas dan penuh kemenangan. Itulah tugas-Nya dan tugas anda adalah mengakui dan melupakan Ia mengampuni dan menolong setiap kali kita memerlukan Dia. Allah ingin Engkau sanggup mengalahkan dunia dan Percobaan supaya hidupmu menjadi contoh hidup bagi orang lain. Allah tidak menarik anda dari dunia supaya bebas dan percobaan. Ingat pikiran dan perasaan kita bukanlah dosa, tidak ada dosa yang dilakukan sampai dosa itu diselesaikan (Yoh. 1:13-16). Percobaan adalah peringatan bahwa engkau diserang iblis, jadi Percobaan itu sendiri jangan dianggap sebagai dosa.
      Hanya satu hal yang tidak dipenuhi secara khusus oleh janji Allah adalah Keputusan-Mu mencari untuk apa kehendak Allah itu. Apakah artinya ini? Seluruh kebutuhan Pribadimu baik secara bisnis, sosial, agama, fisik, moral, rohani dan jenis-jenis masalah pribadi, telah dijanjikan Allah untuk engkau dapatkannya jika engkau minta (Mat. 7:7-11).
      Apalagi yang ada inginkan, dapatkah anda membuat nyalebih jelas? Apakah Allah akan menegur anda karena ketidak percayaan Anda sebelum Engkau bangun menyadari kelimpahan perjanjian Nyakepadamu. Masalahnya bukan pada kebutuhanmu. Sebab itu jangan batasi Allah atau janji-Nya. Fokuskan Imanmu dan lebih agresif dalam meminta dan menerima.
      Jika anda membatasi janji Allah, itu akan membatasi imanmu. Engkau akan mendapatkan apa yang kau “imani”. Prinsip menerima adalah “menurut imanmu maka akan terjadi sesuai dengan imanmu” (According to your faith so be it unto you) Mat. 8:13; Mar. 11:22-24; Ibr. 11:6.
      Janji-janji Allah adalah tanpa batas (unlimited) karena Allah itu adalah tanpa batas. Umat percaya mendapatkan tanpa batas jika ia mewujudkan iman yang tanpa batas (Mar. 9:23; Yob. 14:1-15). 
  1. MEMPRAKTEKKAN HADIRAT ALLAH
      Mulailah mempraktekkan realisasi kehadiran Allah dalam hidupmu. Jika anda menyerahkan hidupmu kepada-Nya. Ia ada bersamamu. Ia memperhatikan engkau dan memperdulikan setiap detik hidupmu. Ia adalah mitra hidupmu sekarang sehingga jangan melecehkan Dia dalam segala aktivitas hidupmu. Jangan lakukan apa-apa (do nothing) jika Ia hadir. Jangan katakan apa-apa jika hal itu tidak berkenan kepada Dia. Jangan kemana-mana ke tempat yang Ia tidak perkenankan. 
  1. KESEMBUHAN ILAHI DAN KESEHATAN
      Jika engkau sakit dalam tubuh engkau juga bisa memohonkan kesembuhan disamping pengampunan dosa ,Allah juga ingin menyembuhkan anda. Kesembuhan dan pengampunan ada dalam Injil (Mar. 103:1-3; Yak. 5:14-16; I Pet 2:24).
      Engkau disembuhkan semudah engkau mendapatkan keselamatan. Kedua- datang pada Basis Iman yang sama yaitu pada karya Kristus di Kalvary.
      Manusia jatuh sakit , tidak bahagia dan hidup dalam kekalahan oleh karena mereka diajarkan dengan cara yang salah dan sebab mereka sudah menyerahkan hidupnya kepada Allah dan tidak mengerti bagaimana caranya berdoa. Jika seluruh manusia akan konfirmasi dengan kehendak Allah maka kita dapat melenyapkan kemiskinan, penyakit, kekurangan , dosa dan segala kutuk .Allah akan tidak membuat sorga dan bumi baru sekali lagi.
      Oleh karena semua manusia tidak melakukan hal ini maka Allah harus mengalahkan pemberontakan dalam dunia sebelum Ia membuat segala sesuatu baru. Dalam Kerajaan Milenium hal ini dinyatakan Tapi secara individu setiap orang dapat menerima manfaat dan janji di sini dan kini (Here and Now). Yesus berkata :
Jika Engkau tetap dalam Firman-Ku, engkau adalah murid-Ku Sesungguhnya engkau akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran akan membebaskan engkau. Yoh. 8:31-36. 
  1. APAKAH IMAN ITU DAN BAGAIMANA MENGGUNAKANNYA
      Satu syarat sederhana untuk menyenangkan Allah yaitu harus memiliki IMAN. lbr. 11:6. Tanpa Iman mustahil memperkenankan Allah kanena barang siapa yang datang kepada Allah ia harus percaya bahwa Allah itu ada. Iman adalah sederhana, yaitu mempercayai Allah tanpa bimbang dan ragu dan tanpa mempertanyakan apa yang Ia katakan. Kita harus percaya apa yang Ia janjikan Ia sanggup melakukanjuga. Kita mempercayai Nya bukan saja Ia sanggup kerjakan tapi Ia pasti akan lakukan bagi kita.
      Iman juga berarti kepercayaan mutlak apa yang Allah janjikan dan apa yang kita telah minta sesuai dengan Firman-Nya telah dikerjakan. Iman adalah Dasar dan substansi (bukti) dari apa yang diharapkan dan pembayaran pertama dari apa yang kita inginkan (Ibr. 11:1-3).
      Cara untuk mendapatkan iman adalah melalui pendengaran Firman Allah (Rm. 10:17). Cara untuk menggunakan iman adalah mempercayai Allah atas Firman-Nya dan memperhitungkan Dia setia memberikan apa yang diminta dalam nama Yesus. Minta dan kemudian percaya sudah dijawab. Berterima kasih kepada Allah sama seperti ketika doa doa kita telah dijawab. Berharaplah pada jawabanAllah apakah jawaban yang lengkap apakah sementara , bertahap ataupun segala sesuatu yang berlawanan tidak menjadi soal . Iman akan menertawakan ketidak mungkinan dan berteriak itu sudah terjadi (It is done). Biarlah segala akibat dan jawaban Allah menjadi tanggung jawab Allah sendiri. Yang kita kerjakan adalah bekerja sama dengan Allah dalam Iman dan tidak menghalangi bagaimana dan kapan Allah menjawab dengan keraguan dan pertanyaan kita.
      Jika seorang Kristen akan mewujudkan iman maka ía tanpa bertanya akan mendapatkan jawaban. Seseorang akan disembuhkan, mendapatkan kesuksesan, kelimpahan dan kedamaian dalam hidupnya (Mat. 17:20; Mar. 11:22-24; Yoh. 15:7; Rm. 8:32).

ANTHROPOLOGY(CITRA DIRI MANUSIA)




SIS 208-3 SKS



(ANTHROPOLOGY &HAMARTIOLOGY)
Suatu studi tentang Manusia & Dosa menurut sudut pandang Alkitabiah


PENDAHULUAN
Penjelasan Umum :
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Sekuler khususnya di bidang Biologi, kadang-kadang mengemukakan teori yang bertentangan dengan Alkitab. Sebagai contoh teori-teori penciptaan dari Darwin, Rekayasa Cloning, dan lain-lain. Anthropologi memberikan keterangan Alkitabiah yang lengkap tentang asal-usul manusia, hakekatnya, dan rencana Allah baginya.
Kadang-kadang kita bertanya dari mana asal dosa, mengapa manusia pertama jatuh ke dalam dosa, apakah definisi dari pada dosa itu? Harmatiology adalah ilmu uraian tentang dosa, faktanya, pembatasan istilah-istilah, dan teori-teori yang keliru serta bagaimana dosa masuk kepada manusia.
Ada perbedaan Ilmu Pengetahuan tentang manusia yang sekuler (Scientific Anthropology) dan Anthropology Theologia. Anthropology Theologia mempelajari manusia dalam hubungan dengan Allah. Sedangkan yang sekuler berhubungan dengan organisme psiko dan pisik dan sejarah sifat manusia yang dikembangkan Psychology, Sosiology, dan sejarah turunan bangsa-bangsa. Perbedaan hanya pada topik, bukan pada metode penyelidikan.
Anthropology Theologia akan mengetengahkan “Siapakah Manusia itu” menurut penciptanya dan menurut Alkitab. Sebagai contoh dibahas manusia adalah makhluk ciptaan, makhluk bermoral, makhluk yang punya kasih, dan makhluk yang terdiri dari Tubuh, Jiwa, dan Roh.
TUJUAN INSTRUKSIONAL
Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mencapai target-target sebagai berikut :
  1. Memiliki pengetahuan Alkitabiah mengenai hakekat manusia, asal-usul manusia dan elemen-elemen manusia; tubuh, jiwa dan roh. Dengan pengetahuan ini, manusia dapat menyembah, berhubungan dengan Allah penciptanya secara normal dan dikehendaki oleh Allah.
  2. Menguasai dan memahami asal-usul dosa, teori-teori yang keliru mengenai dosa, definisi Alkitabiah dan bagaimana dosa mempengaruhi manusia, mempelajari akibat-akibat dosa. Dengan ini manusia dapat menyadari betapa dahsyatnya dosa itu dan akibat-akibatnya bagi tubuh, jiwa, dan roh, serta menyerahkan hidupnya kepada Allah menjadi hamba kebenaran dan bukan hamba dosa.
  3. Selain memperkaya pengetahuan Alkitabiah/Theologia mengenai pokok-pokok study ini diharapkan mahasiswa akan sanggup menyalurkan/mengajarkannya kepada orang lain dalam kursus-kursus, seminar-seminar, dan kotbah-kotbah dalam gereja.
  4. Dapat melanjutkan penelitian study lanjutan lebih mendalam dalam bidang ini.

MATERI PEMBAHASAN

  1. Anthropology
    1. Definisi Alkitabiah
    2. Teori Asal-Usul Manusia
      1. Teori Evolusi Atheistik
      2. Teori Evolusi Theistik
      3. Teori Kreasi Theistik
    1. Siapakah Manusia itu?
    2. Tubuh, Jiwa dan Roh
  1. Fungsi Tubuh, Jiwa dan Roh
  2. Hubungan dengan Konseling
    1. Rencana Allah bagi Manusia
    2. Citra Diri Manusia

  1. Harmatiology
1. Definisi Alkitabiah
2. Fakta-fakta tentang dosa
3. Teori-teori yang keliru tentang dosa
4. Ajaran-ajaran sesat tentang dosa
5. Teori-teori Kristen tentang dosa
6. Asal-usul dosa
7. Percobaan manusia
8. Kejatuhan manusia dan efeknya
9. Hukum dosa

TUGAS-TUGAS (ASSIGNMENT)
  1. Menyusun Paper, diketik 2 spasi, minimum 8 halaman dengan judul (pilih satu):
  1. Asal-usul Manusia
  2. Tubuh, Jiwa dan Roh
  3. Dosa dan Akibatnya
  4. Konseling Alkitabiah
  5. Citra Diri Manusia; berharga dimata Allah

  1. Membuat ringkasan dalam bentuk laporan. Ringkasan dan buku-buku pegangan yang ditentukan. Dalam laporan dicantumkan :
Nama buku, Pengarang, Garis-garis besar dan jumlah halaman yang dibaca.
Buku buku yang dianjurkan:
    1. Dasar Yang Teguh karangan Wesley Brill (Kalam Hidup)
    2. Theologia Dasar Karangan Charles Ryrie ( Penerbit Andi)
    3. Theologia Sistimatika Karangan Henry Thiesen ( Gandum Mas)
    4. Sistematika Theologia Karangan Louis Berkhoft(Momentum)
    5. Pentecostal Theology Karangan Van Cleave ( LIFE)
    6. Bible Doctrines Karangan Lewis Chaffer ( Zondervan)

  1. Mempelajari dengan seksama materi pokok yang diberikan, bandingkan dengan buku-buku pegangan dan sesudah itu jawab Study Question yang tersedia, jawab dengan jujur. Tidak melihat Diktat. Nanti setelah selesai menjawab, jawaban Anda dicocokkan dengan materi pokok. Kalau score Anda di atas 80%, Anda boleh maju ke pelajaran berikut, namun kalau masih di bawah 80%, diminta mempelajari ulang materi tersebut.

UNIT I
ASAL USUL MANUSIA

Pendahuluan
Manusia adalah Mahkota Ciptaan Allah, ia berbeda dengan Tumbuhan (hanya memiliki tubuh) berbeda dengan binatang (mempunyai tubuh dan jiwa) dan berbeda dengan Malaekat (yang hanya memiliki Roh semata). Selain itu hanya manusia yang diciptakan menurut rupa dan gambar Allah.
Dari pihak Atheisme, Filsafat dan Humanisme mencoba menyelewengkan fakta bahwa Allah-lah pencipta langit dan bumi termasuk manusia, dan mengganti dengan teori-teori lain seperti teori Evolusi Darwin.
Modul ini akan menjelaskan secara detil pandangan Alkitab mengenai manusia. Sekaligus menangkal teori-teori sampah yang dibuat manusia yang mencoba menandingi berdasarkan penemuan-penemuan yang mentakjubkan dalam bidang Biogenetika.
Tak dapat disangkal kemajuan pesat di bidang teknologi. Rekayasa gen telah membawa angin segar dalam bidang pencarian bibit unggul, inseminasi buatan dan “cloning”. Namun hal ini tidak dapat dilakukan oleh para pakar bagi manusia. Bisa dilakukan pada tumbuhan dan binatang. Dan tak akan bisa manusia dapat membuat “Fotokopi” manusia lewat teknologi karena manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan Roh.

Tujuan Instruksional Umum :
        • Mengerti dan memahami asal usul manusia secara Alkitabiah, dan mengenal teori-teori keliru serta memahami rencana Allah bagi manusia.

Tujuan Instruksional Khusus:
    1. Mendefinisikan Anthropology.
    2. Menjelaskan 3 teori asal-usul manusia.
    3. Menerangkan 5 hal siapakah manusia itu menurut Alkitab.
    4. Menyebutkan 6 citra diri manusia yang sebenarnya.
    5. Menuliskan dan menerangkan 4 maksud Allah menciptakan manusia.

Kegiatan Belalar
    1. Oleh karena pelajaran ini berhubungan dengan kebenaran ilahi maka diharapkan sebelum memulai kegiatan belajar didahului dengan doa dan pujian penyembahan.
    2. Bacalah dengan seksama materi pokok (uraian dan contoh) dengan sensitif terhadap iluminasi Roh. Jangan lupa menggaris-bawahi atau memakai stabilo hal-hal yang penting. Membaca ayat-ayat Alkitab yang ada dalam referensi materi pokok.
    3. Bandingkan dengan buku-buku kepustakaan anjuran
  1. Dasar yang teguh - Wesley Brill
  2. Theologia Dasar - Charles Ryrie
  3. Theologia Sistimatika - Henry Thiessen
    1. Mengisi Test Formatif yang disediakan pada lembaran kerja.

URAIAN DAN CONTOH

      1. Asal Usul Manusia
Doktrin tentang manusia disebut juga “Anthropology”. Kata ini berasal dari kata Yunani; “Anthropos”, berarti: manusia dan “Logos”, artinya: pikiran atau uraian. Suatu pertanyaan yang sangat penting adalah mengenai asal usul manusia. Manusia selalu ingin mengetahui dari mana asalnya dan kemana dia akan pergi. Untuk itu, perlulah kita mengetahuinya.
Tiga teori yang membicarakan mengenai hal ini ;
    1. Evolusi Atheistik
Pandangan ini berpendapat bahwa “semua kehidupan yang ada sekarang berasal dan kehidupan yang tingkatnya lebih rendah”. Teori evolusi mengatakan bahwa perkembangan dari binatang bersel satu berubah bentuk menjadi ikan, binatang-binatang, monyet, dan akhirnya menjadi manusia. Hal ini hanya sebuah teori belaka. Tidak ada bukti yang kuat dan tepat, sebab “Missing Link” dan tingkat peralihan tidak pernah ditemukan. Teori evolusi ini didasarkan atas dugaan belaka. Teori ini berdasarkan “Yang bertahan adalah yang kuat”, namun tidak memperhitungkan asal mula datangnya makhluk yang pertama. Mereka gagal memperhitungkan asal mula datangnya makhluk yang pertama. Mereka gagal memperhitungkan asal-usulnya kehidupan, sebab mereka menolak Allah sebagai sumber dari segala yang hidup.
    1. Evolusi Theistik
Teori ini berpendapat hampir sama dengan teori yang diatas. Meskipun begitu ada perbedaan sedikit, yaitu bahwa makhluk yang rendah diciptakan oleh Allah. Kebenaran ini hanya sebagian, yaitu bahwa Allah hanya menciptakan sebagian dari alam semesta. Pandangan ini juga salah, sebab Allah menciptakan tiap-tiap jenis ciptaan. Bukan evolusi dan mereka. Semua jenis binatang, diciptakan untuk berkembang biak. Bukan untuk merubah bentuk menjadi bentuk yang lain. Seekor kuda hanya dapat memperanakkan kuda kecil dan kuda tak pernah memperanakkan seekor monyet. Demikian juga, monyet tidak dapat memperanakkan seorang bayi manusia.
    1. Kreasi Theistik
Pandangan ini memegang fakta Alkitabiah bahwa Allah adalah sumber kehidupan, asal usul, dan pemeliharaan seluruh bentuk kehidupan. Allah menciptakan langit dan bumi dan segala isinya (Kej. 1:1). Allah ciptakan segala malaekat, ikan laut, burung di udara, singa di hutan, dan manusia sebagai makhluk yang termulia dari seluruh ciptaan Allah (Kej 1). Manusia adalah ciptaan Allah secara langsung. Manusia merupakan ciptaan Allah yang berbeda dengan makhluk ciptaan yang lain. Manusia adalah “Master Piece” ciptaan Allah.

      1. Siapakah Manusia Itu?
Pemazmur memandang kemuliaan langit, sehingga menimbulkan pertanyaan, “Siapakah manusia itu?” (Mzm 8:4; Ayub 7:17-18).
  1. Manusia adalah makhluk ciptaan (Kej 1:26-27; Ayub 33:4; Why 4:11; Yes 45:12).
Allah berfirman, “Baiklah Kita menciptakan manusia menurut gambar dan rupa Kita”. Ada dua kata yang berbeda pemakaiannya. Kata itu adalah “menciptakan” dan “menjadikan”. Kata menciptakan (Ibrani: Bara) berarti membuat dari yang tidak ada menjadi ada. Kata menjadikan/membuat (Ibr: asa) artinya membentuk dan apa yang tadinya sudah ada.
Contoh: bejana yang dibuat dari tanah liat. Seorang membentuk tanah liat itu sedemikian rupa supaya kelihatan bagus
Allah menciptakan manusia lengkap, yaitu terdini dan tubuh, jiwa, dan roh (Kej 2:7; Zak 12:1).
  1. Manusia adalah makhluk yang bergantung kepada Pencipa.
Manusia mempunyai keberadaan yang diciptakan. Sebab itu ia selalu merupakan makhluk yang tidak bebas. Ia tidak ada dengan sendirinya. Nafasnya bergantung kepada Allah pencipta dan di dalam Dia, ia dapat hidup dan bergerak (Kis 17 :23-3 1)

  1. Manusia adalah makhluk yang Cerdas
Manusia mempunyai Intelek, Imajinasi, Pengertian, dan Kesanggupan untuk mengungkapkan pikirannya dalam bahasa. Ini berbeda dengan binatang, yang hanya mempunyai Instinct saja (Kej 2:15; Yes 1:8; Roma 1:21; Kej 11:6; 8:21)
  1. Manusia adalah makhluk yang bermoral
Manusia diciptakan untuk dapat memiliki “kehendak bebas”, sehingga ia dapat memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik. Manusia bukan diciptakan seperti robot atau mesin yang tanpa kehendak bebas. Allah merindukan ciptaanNya untuk menanggapi dengan bebas (Yoh 7:17; Ibr 3:7). Allah menempatkan suara hati bagi manusia sebagai kepekaan moral. (Suara hati (Co-Science) berarti:
Pengetahuan diri yang berhubungan dengan yang baik dan yang salah”. Suara hati ini tidak aktif sebelum manusia jatuh ke dalam dosa. Waktu manusia berdosa, hati nurani ini mulai bekerja dan pikirannya mulai menuduh.
Manusia mempunyai kekuatan moral; pikiran, kepekaan, kehendak, dan hati nurani. Pikiran memberikan kesanggupan kepada manusia untuk dapat membedakan tentang yang baik dan jahat. Kepekaan mempertimbangkan dan kehendak untuk memutuskan. Hati nuranilah yang memperingatkan Hukum Moral Allah bagi manusia (strong).
Akan tetapi, setelah manusia berdosa, hati nurani tidaklah menjadi standart moral yang sempurna. “Satu-satunya standart yang benar adalah Firman Allah yang diterangi oleh Roh Kudus” (Yoh 8:9; Ibr 9:14). Roh Kuduslah yang mencocokkan suara hati dengan Firman Allah (Rm 9:1).
  1. Manusia adalah makhluk yang memiliki kasih
Kita datang pada hal yang paling penting bagi Allah yang telah menciptakan kita. Allah adalah Kasih adanya. Kasih itu bukan harus punya obyek, tetapi juga harus dapat menyalurkan (I Yoh 4:16, 19). Alam semesta serta seluruh kemuliaan-Nya tak dapat memberikan respons terhadap kasih Allah. Manusialah yang dapat. Ia diciptakan oleh kasih untuk kasih dan untuk mengasihi. Tanpa kasih hati nurani manusia kosong dan hampa.

      1. Rencana Allah Bagi Manusia
Allah mempunyai alasan untuk segala sesuatu yang Ia telah kerjakan. Dia bergerak dengan rencana yang tertentu. Segala sesuatu telah direncanakan-Nya sebelumnya. Alkitab membicarakan ini dengan jelas.
  • Yesaya 14:26 : Allah mempunyai rencana bagi setiap bangsa.
  • Yesaya 46:11 : Allah akan menggenapkan rencana-Nya.
  • Roma 8:28 : Allah bekerja sama dengan kita untuk menggenapkan rencana-Nya.
  • II Timotius 1:9 : Maksud Allah telah dibuat sebelum penciptaan-Kristus.
  • Efesus 1:9-11 : Nasib kita telah ditentukan sebelumnya.
  • Efesus 3:9-11 : Rencana Allah yang kekal berpusat pada Gereja.

  1. Hubungan
Maksud Allah menciptakan manusia adalah supaya Allah dapat berhubungan (relationship) melalui komunikasi. Allah Bapa mau sebuah keluarga yang besar dan saling mengenal secara pribadi. Sepanjang Alkitab, Allah merindukan satu persekutuan dan hubungan dengan manusia. Dosalah yang menyebabkan hubungan antara Allah dan manusia terputus. Allah tetap mencari jalan untuk dapat berhubungan dengan manusia. Dalam Perjanjian Baru, hubungan dengan manusia sepenuhnya digenapi (Yoh 14:1 6-20)

  1. Karakter
Maksud Allah yang kedua adalah untuk memproduksi wujud dari karakter Allah. Allah bermaksud supaya anak-anakNya kelihatan sama dengan Dia dari dalam. Ia mau mempunyai keluarga “yang serupa dengan Dia” (Kej 1:26). Kata karakter dengan “teladan” mempunyai hubungan yang erat (Ibr 1:3). Yesus mengungkapkan teladan Allah. Kata Gerika mengenai “Gambar dan Rupa Allah” dikaitkan dengan pengertian “Karakter”. Allah menginginkan manusia untuk dapat mengambil bagian dalam sifat Ilahi-Nya (II Pet 1:4-7) menjadi serupa dengan teladan anak-Nya (Roma 8:28-29)

  1. Fungsi
Rencana Allah untuk menciptakan manusia untuk membagikan fungsi untuk memerintah alam semesta ini (Kej 1:26). Allah mau manusia untuk menaklukkan bumi ini dan menaklukkan musuh-musuhnya (Kej 1:28). Dulu, melalui Adam manusia ditaklukkan oleh setan dan penyakit. Saat ini, melalui Yesus Kristus, kuasa manusia dipulihkan kembali

  1. Reproduksi
Allah bermaksud untuk manusia supaya bertambah-tambah di dalam satu keluarga. “Penuhilah bumi”. Artinya bukan saja secara lahir, tetapi juga secara rohani (Kol 1:10; Kis 6;7)

      1. Citra Diri Manusia
Alkitab dengan jelas mengenai Citra diri Manusia sebenarnya. Jika Ia memilih hubungan yang baik dengan penciptanya. Dan ini akan diputuskan melalui Tuhan Yesus Kristus :
  1. Manusia diciptakan menurut Rencana dan Kehendak Allah.
Kej 1:26 Baiklah kita………… (merencanakan)
Roma 8:28-29
Yermia 1:8. Yesaya 43:7
  1. Manusia diciptakan oleh Allah menurut Rupa dan Gambar Allah
Kej 1:26 Diciptakan menurut Peta dan Teladan oleh Allah (Elohim) bukan menurut Teori Evolusi Darwin.
        • Memiliki keserupaan dengan Pencipta, tapi bukan keserupaan fisik namun mental dan moral.
II Pet 1:4 janji bagi umat percaya menerima “Kodrat Ilahi” (Sifat-sifat Allah)
  1. Manusia diciptakan. untuk menguasai alam semesta dan menaklukkan bumi (Kej 1:26-28)
Segala ciptaan Tuhan termasuk tumbuhan dan binatang haruslah dikuasai/ ditaklukkan oleh manusia untuk kesejahteraan manusia. Ada 3 mandat Ilahi diberikan oleh Allah kepada manusia :
  1. Mandat rohani - Kepada hamba-hamba Tuhan untuk mengatur hal-hal rohani.
  2. Mandat Budaya - Kepada Ilmuwan untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan.
  3. Mandat Sosial - Kepada Pemerintah untuk mengatur ketertiban dan keamanan.

  1. Manusia diciptakan untuk diberkati dan hidup berhasil
Kej 1:28 c Berkembang baik dan bertambah-tambah keberhasilan adalah kehendak Allah.
III Yohanes 2 Engkau berhasil secara materi, sehat-sehat dan selamat
Yohanes 15:6 Pergi menyalurkan buah
Mazmur 1:2-3 Apa yang diperbuatnya berhasil

  1. Manusia diciptakan dari Bahan Hina tapi Mulia (Kej 2:7)
- Zat-zat anorganik tubuh manusia hanya seharga Rp. 2000.
- Tapi zat-zat organik bisa seharga Six Million Dollar
- Kekuatan Atom 11.400.000 Kilowatt seharga 170 Milyar
- Hormon, Ensym, Hb, dan lain-lain seharga 12 Milyar
Yermia 18:1-6 => hanya sekedar tanah liat
2 Kor 3:18 > memiliki kemuhiaan yang besar

  1. Manusia diberi kemampuan dan kesukaan bekerja (Kej. 2:15)
        • Bekerja bukanlah merupakan suatu kutukan. Mungkin menjadi kutuk jika tidak melibatkan Tuhan.
        • Bukti bahwa manusia harus bekerja adalah kenyataan jantung bekerja (berdenyut: 103, 689 x setiap hari). Kita bernafas 23.040 kali setiap hari dan kita mengucapkan 5000 kata rata-rata setiap hari.
        • Ada kepuasan dalam bekerja dan menganggur adalah melawan kodrat manusia.
II Yoh 9:4 Allah bekerja sampai sekarang
I Tes.3:10 Orang yang malas tidak boleh diberi makan
Amsal 6:6 Pergilah belajar kepada semut hai orang pemalas

Jumat, 24 Juni 2011

SEJARAH GERAKAN KHARISMATIK DI INDONESIA

SEJARAH SINGKAT GERAKAN KHARISMATIK DI INDONESIA

Kunjungan Evangelist TL Osborn
Gerakan Kharismatik di Indonesia dipersiapkan oleh kunjungan Evangelist TL Osborn di beberapa kota besar di Jawa terutama di Surabaya pada tahun 1954. Berita yang disampaikan sama seperti pioneer KKR Kelepasan dari Gerakan Hujan Akhir (Deliverance Preaching) William Branham,Oral Roberts dan Gordon Lindsay yaitu berita keselamatan yang di presentasikan berbarengan dengan tanda tanda ajaib mujisat, kesembuhan ilahi melallui karunia-karunia Roh kudus, mempromosikan bahasa roh sebagai tanda kepenuhan Roh. Pada saat itu Gereja –gereja di Indonesia khususnya yang beraliran Pantekosta menerima kehadirannya

Kebangunan Rohani di Timor Rote
Pada bulan September 1965 di Timor Rote NTT terjadi kebangunan rohani dikalangan Gereja protestan. Tim tim PI dibawah pimpinan Mel Tari dan kawan kawan mengalami pencurahan Roh yang dahsyat dan mujisat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Itu terjadi beberapa hari sebelum peristiwa G 30 S . Orang dapat berjalan diatas air dan air berubah menjadi air anggur terjadi pada saat itu dan dilap[orkan ratusan ribu orang mengalami kelahiran baru dan memadati Gereja gereja yang ada. Hal ini dilaporkan oleh Mel Tary dalam bukunya “ Like A Mighty Wind dan The Gentle Breeze of Jesus”

Peran Yayasan Jalan Suci dan LBTC(Lawang Bible Training Center)
Gerakan Kharismatik di Indonesia dimulai ketika seorang Misionaris Yang bernama Edwin Brainerd Stube mantan pastor dan dosen Theologia Gereja Episcopal membuka sekolah Alkitab LBTC dan Yayasan Jalan Suci di Lawang , Jawa Timur pada tahun 1967. Institusi inilah yang pertama kali di Indonesia yang menerapkan ajaran dan Pengalaman rohani Kharismatik secara mandiri diluar lingkungan Pantekosta klasik. Dan pengaruh sekolah dan yayasan ini merebak ke Gereja Gereja Protestan, Katolik maupun Pantekosta. Dan pengaruh inilah yang memicu munculnya persekutuan doa bahkan Gereja gereja indenpenden bernuansa Kharismatik. Oknum oknum yang terlibat dalam sirkel ini adalah: Gamaliel dari Malang ;Ichwan dari Jakarta, Adi Sutanto(Yayasan Sangkakala) Semarang,Ben Soriton (Jakarta), Pangkey dari Manado Silas Bella(Jakarta) Tanutama (Penerbit Bethany ,Semarang) Yusak Cipto, Petrus Agung ,Semarang dan banyak lagi lainnya yang belum disebutkan disini.
Murid-murid LBTC yang menjadi pioneer Gerakan Kharismatik di Indonesia adalah Jermia Rim( Founder Gereja Kristen Perjanjian Baru) Daniel Alexander( Penatua, Evangelist, Pendidik & Pembidik), Stevanus Darto dan lain lain. Alex Abraham Tanuseputra ( Pendiri Gereja Bethany) Dinubuatkan dan di konfirmasikan oleh Dzao Zse Kwang dan EB Stube untuk menjadi pemimpin Kharismatik


Kunjungan Evangelist Oral Roberts tahun 1968
Sesepuh Kharismatik ini membawa berita “ God Is A Good God” dan Seed Faith selain berita kesembuhan ilahi dan Holy Spirit in the Now. Walaupun tidak sespektakuler kedatangan TL Osborn namun konfirmasi berita Kharismatik diteguhkan oleh Oral di Gereja-gereja tradisi . Ia tidak fanatik denominasi ,ia sendiri menjadi Penatua Gereja Metodis.Gereja gereja Pantekosta Klasik di Indonesia pada waktu itu ada yang merespons berita Kharismatik ini namun banyak juga yang stagnasi mempertahan tradisi Pantekosta lama yang sarat dengan legalisme.

Kunjungan Penginjil Morris Cerullo( tahun 1970 – 1986)
Akumulasi kunjungan Cerullo ini merupakan klimaks yang membuahkan Gereja Kharismatik yang besar seperti GBI Bethany dan GKPB, Gereja Kemenangan Iman dll.
Penekanan Cerullo pada nubuatan,Iman dan Kesembuhan Ilahi, Demonologi, Penghargaan Kepada Roh Kudus dan Pengurapan Roh kudus dapat merintis lembaran baru Gereja gereja Kharismatik diIndonesia. Yang diawali dahulu dengan Persekutuan doa dan Praise Center supaya tidak dicurigai oleh Gereja gereja main stream.
KKR dan Seminar dan SOM (School of Ministry) Cerullo dan Alexander Ness(Theolog Kharismatik) membekali ribuan hamba Tuhan dan Kaum awam Indonesia. Pengaruh Cerullo terlihat dengan munculnya tokoh kharismatik seperti Stevanus Damaris dari Bandung,Hosea Lianitawan dari Yaski,Jakarta, Benyamin Munthe( Pendiri Gereja Kemenangan Iman) Pematang Siantar;Alex Tanuseputro, Prawiro Maruto, Nikko Nyotoraharjo,Arifin Tejasukmana, dari Bethany dan Surabaya Praise center.

Ekspansi Ajaran Pondok Daud dari Kevin Conner
Tidak dapat diragukan lagi oleh para pakar bahwa sumbangan besar theologia Kharismatik berasal dari Kevin Conner selain menulis Theologia Sistimatika versi Kharismatik( The Foundation Of The Christian Doctrines). Ia juga mengeksplorasi sistim pujian dan penyembahan Kharismatik lewat bukunya yang terkenal “ The Tabernacle of David”
Kunjungan ke Indonesia sekitar tahun 1970 bersama Rob Wheller, vic Holland dengan grup band Fire Band membawa angin segar Gereja gereja di Indonesia. Sayang waktu itu organisasi besar Gereja Pantekosta belum menangkap sepenuhnya berita kharismatik yang di pancarkan mereka seperti “ Menyanyi dalam Roh, “ dan pengalaman Rohani kharismatik lainnya . Tahun tahun berikut nya diadakan Seminar Pertumbuhan Gereja. Ada beberapa Tokoh Kharismatik yang dapat menangkap signal ini seperti Jimmy Oentoro ( Pendiri Gereja Injil Seutuhnya Indonesia-GISI) mengundang Kevin Mengajar di Harvest dan juga Abba Love Ministries yang di prakarsai oleh Samilton, Sofyan dan Eddy Leo menggaet Jeff Hammod masuk dalam staff Penatua Gereja mereka.

SEAPIN dan Gereja Penyebaran Injil
Walaupun banyak kelemahan sama seperti Gerakan Hujan Akhir (Latter Rain Movement) di AS, Langkah Tanuwijaya mendirikan SEAPIN dan Gereja Penyebaran Injil Di Majalengka pada tahun 1970 adalah cikal berdirinya Gereja-gereja Kharismatik. Penulis sendiri pertama kali mengenal Pantekosta Kharismatik adalah pada Gereja ini. Pengalaman Rohani Kharismatik seperti Nubuatan dan karunia Roh lain digalakkan pada Gereja ini. Tokoh Gereja Yesus Kristus Tuhan ( Abba Love Ministries) Samilton, Sofyan dan Eddy Leo memiliki benang merah dari Sekolah tersebut.

Sekolah Alkitab Tawang manggu yang didirikan oleh Walker diteruskan oleh Sem Sukkota dan Majalah Logos & Hidup Dalam Kristus pimpinan Robert Mambu di Solo.
Sekolah dan publikasi ini dipengaruhi oleh Gerakan Kharismatik di Australia dan Word MAP nya Ralph Mahoney. Majalah Logos dan Majalah Hidup Dalam Kristus sangat membantu menyebarkan doktrin doktrin Kharismatik di Indonesia. Ralph Mahoney dan Sem Sukkota telah mengkoordiner Seminar seminar kharismatik yang dihadiri ribuan hamba Tuhan. Dan Buku Ralph “Adakah Gelombang Kebangunan Rohani akan Datang? Di bagikan dengan gratis. Sekolah Alkitab Tawang manggu menerapkan Kurikulum Pelajaran Kharismatik yang agak berbeda dengan Kurikulum Gereja Pantekosta Klasik dan banyak alumny menjadi penginjil dan hambahamba Tuhan Kharismatik seperti Yonathan Patiasina, King Adronikus(GBI Bukit Hermon Samarinda)

Charismatic Worship Center(CWS) Pimpinan Suwandoko Roslim
Di kalangan Gereja Sidang Sidang Jemaat Allah ibadah Kharismatik di tampung dalam wadah CWS yang didirikan oleh beberapa penganut Khrismatik dari AS dan kaum awam yang merasa pentingnya wadah ibadah Kharismatik. Sekarang ini dikuti oleh Ribuan orang.dan membuka cabang di beberapa tempat di Indonesia.
Suwandoko
STT INTHEOS ( Kharismatik) yang didirikan oleh Pontas Pardede
Sama seperti CWS institusi ini masih dibawah naungan GSJA.Gereja ini peka menampung aspirasi Kharismatik . Berbeda dengan GPDI dan Gereeja Pantekosta Klasik lainnya yang sangat lambat menampung aspirasi dari Ekspansi Kharismatik

Kontribusi Penerbit Imanuel,Yayasan Andi,Harvest,Metanoia, Nafiri Gabriel ,Betlehem dan lain lain
Tak dapat disangkal peran media cetak dalam menyebarkan satu doktrin adalah sangat vital. Perkembangan Pesat Pantekosta Klasik dan Kharismatik di AS tidak lepas peran pers, media cetak selain media elektonik. Penrbit Immanuel telah menerbitkan buku buku Kharismatik dengan tema ; Baptisan Roh Kudus, Kesembuhan ilahi, Kelepasan, Nubuatan,Penumpangan tangan, Bahasa Roh, Tanda tanda ajaib dan Kebangunan Rohani. Ditahun 70 an dan 80 an , Buku karangan TL Osborn, Oral Roberts, WV Grant, Keneth Hagin , Gordon Lindsay , Aryl Edvarsen, membanjiri Indonesia. Buku karangan David Wilkerson mengenai Nubuatan dan Kisah Pertobatan Nicky Cruz menambah subur wawasan kharismatik di Indonesia. Dan juga tabloid “ Herald of His Coming” Selain itu buku buku David Cho, Benny Hinn , Smith Wigglesworth dan tokoh Kharismatik lainnya.
Juga peran Penerbit Andi dan Majalah Bahana yang dipimpin oleh J.H Gondowijoyo tak dapat dipungkiri dalam mengembangkan Gerakan Kharismatik di Indonesia


Majalah Bahana dan logo PBMR Andi



Tokoh-tokoh lain Kharismatik di Indonesia:

Y.E "Yoyo"Awondatu, Seorang Penginjil dari GPdI yang mengadakan KKR dipelbagai Gereja di tahun 1970-1990an .Ia memimpin beberapa Persekutuan doa di Jakarta diantaranya yang terkenal adalah PD Tanah abang II. Kotbanya berkisar Tema tema Khrismatik seperti Karunia Roh, Iman, Muijisat , Kesembuhan ilahi serta Pertobatan dan Karakter Kristus. Ia Menjadi Gembala GPdI Cianjur dan Mendirikan Sekolah Alkitab dan STTC (Sekolah Tinggi Theologia Cianjur) . Ia juga mengarang beberapa lagu rohani terkenal seperti :" Pegang tangan ku Roh Kudus "dan" Indah Rencana Mu Tuhan"
Benny Santoso. Sebelum mendirikan Gereja Kemah Tabernakel di Jakarta,Ia pernah berkeliling membawa berita kharismatik ke kota kota besar di Indonesia menggandeng beberapa artis Kristen.
Ade manahutu, Seorang artis sekuler yang dikenal dikalangan blantika musik kini menjadi hamba Tuhan GBI( Gereja Bethel Indonesia)
Alex Iranata, seorang pengusaha yang bertobat dan menjadi Penginjil kesembuhan ilahi ,dan pernah memimpin KKR Api Kemuliaan Melanda Indonesia. Ia dan isterinya menjadi medium pelayanan Benyy Hinn di Indonesia.
Dan Tokoh-tokoh Kharismatik yang ada dalam organisasi Pantekosta Klasik seperti:
-Yacob Nahuway,revivalist,administrator, Preacher, author ,educator dan Jakarta. Gembala GBI Mawar Sharon
-Gilbert Lumoindong.Gembala GBI Glow center, Jakarta, Penginjil TV terkenal,Pengarang dan pengkotbah radio yang sangat produktif
-Max Wakkary, Administrator,mantan politisi ,penceramah,Edukator dan Gembala GPdI Maranatha ,Medan
  • Pontas Pardede. Pendiri STT Intheos,(dh STT Kharismatika) Solo,administrator,educator,
  • Nikko Nyotoraharjo, Danny Tumiwa dari GBI Gatot Subroto
  • Arifin Tejasukmana, dari GBI “Rock” Lembah Pujian.Denpasar
  • Iman Santoso ,Jaringan Doa Nasional
  • Timotus Subekti, Pakar eskatologis, Gembala Gereja GBT Alfa Omega Semarang
  • Yosia Abdi saputra, Yulius Ishak, Rubin Adi, Silas Bella, Yos Lamel, dan lain lain
Pengkotbah pengkotbah Kharismatik yang menonjol saat ini seperti Inggrid Maria Gautama dari Kebangkitan Apostolik, Daniel Aleksander,edukator dari Nabire Papua,Petrus Agung dari Jemaat Kristus Semarang, Leonardo Syamsyuri dari Nafiri Gabriel,

GEREJA-GEREJA
YANG BERORIENTASI KHARISMATIK DI INDONESIA

GEREJA BETHANY INDONESIA( dh GBI BETHANY)
Jika sebelumnya gerakan Kharismatik masih dalam bentuk Persekutuan Doa dan Praise Center maka GBI Bethany lah mengadakan terobosan baru dan gebrakan besar dalam bentuk Gereja walaupun masih bernaung di bawah organisasi resmi GBI. Hal ini berkat ke flesibelan tokoh sesepuh GBI HL Senduk dalam mewadahi Gebrakan Gerakan Kharismatik yang tidak bisa dibendung lagi.

Fenomena Bethany pernah membawa angin segar semarak Gereja gereja di Indonesia dengan berita” Theologia Kemakmuran” , Pujian penyembahan ( Praise and worship) dan pengurapan Roh Kudus. Walaupun menghadapi tudingan miring yang penuh kontroversial.
Nama Bethany tidak dapat dipisahkan dengan nama perintisnya Alex Abraham Tanuseputra seorang pengusaha farmasi yang bertobat dan menyerahkan menjadi pelayan Tuhan setelah menabrak seorang anak kecil di Mojokerto. Ia membangun 14 Gereja didesa dan sesudah itu ia hijrah keSurabaya pada tahun 1977 Memulaikan pelayanan dengan 7 orang di garasi rumahnya di Jalan Manyar Rejo I/29, Surabaya.Dan ia memilih bergabung di Gereja Bethel Indonesia (GBI) pimpinan H.L Senduk.
Hanya dalam tempo yang singkat GBI Bethany berkembang menjadi 2000 jiwa pada tahun 1987, Bangunan gereja diperluas menjadi bangunan awning,lalu dibangun Gereja berkasitas 3500 di Manyar Rejo II 36-38. Kemudian pada tahun 2000 dibangun Gedung Gereja paling besar di Asia Tenggara di Jalan Nginden Intan Surabaya dengan biaya 150 milyar yang dapat menampung 20.000 orang. Data jemaat GBI Bethany pada tahun 1996 berjumlah 40.000 anggota dan telah membuka sekitar 500 tempat
pelayanan. .
Pada puncak perkembangan Gereja ini, Church of God yang berkantor pusat di Cleveland,Tennessee AS yang sejak dahulu beramalgamasi ( kerja sama tidak mengikat) dengan GBI mengangkat Alex Tanusepura menjadi salah satu anggota board Gereja Bersama HL Senduk sekali gus Lee University ( melalui mantan Rektor : C.W Conn) menganugerahkan Gelar DD ( Doctor Divinity ) kepada Alex. Kemudian Pada tahun 2007 Gereja Bethany menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Pantekosta Sedunia( WORLD PENTECOSTAL CONFERENCE), kali pertama diselenggarakan di Indonesia sejak tahun 1948 diprakarsai oleh Mr Pentecost David Du Plessis.
Pada tahun 1988 GBI Bethany mengutus Niko Nyotoraharjo,worship leader, penyanyi dan Pengarang lagu rohani untuk membuka Gereja cabang di Jakarta di Jakarta dan menghasilkan penuaian jiwa yang menakjubkan, puluhan ribu jiwa membanjiri Gedung Karsa Pemuda, dan tempat tempat lain di Jakarta ,Bandung, Batam ,Medan , Singapura.dan kota kota lain di Indoneisa Barat,
Pada Tahun 1989 Arifin Tejasukmana membuka cabang di Denpasar ,Bali. Dan daerah Indonesia Timur, hasilnya sangat mengembirakan. Tahun 2000 , GBI Bethany telah membuka sekitar 1000 gereja lokal dengan anggota mencapai 70.000 jiwa.
Gereja Bethany memiliki Departemen sesuai Pelayanan Lima jawatan: Depatemen – Rasul ; Departemen Musik & Pujian Penyembahan – Nabi : Departemen P I - Penginjil : Departemen Pastoral – Gembala ; Departemen Pendidikan – Guru.
Gereja Bethany sangat kental dengan Doktrin Kharismatik ( Neo Pentecostal) seperti Penekanan Bahasa Roh, Karunia-karunia Roh seperti Nubuatan , Iman , Mujisat, kesembuhan ilahi, Kuasa Perkataan,” Pemulihan segala sesuatu”( Ekonomi,Keluarga, Gereja dll), Pengusiran Roh Jahat, Rebah dalam Roh ( slain in spirit), Pemuridan, Doa semalam suntuk,
Gereja ini memiliki program yang menjadi pilot proyect untuk Gereja gereja lain seperti Family Altar, Sekolah Orientasi Melayani (SOM) , Doa Malam, Praise and Worship), Pelayanan Lima Jawatan,
Literatur yang ada seperti Tabloid Warta Bethany, Renungan harian dan Warta Jemaat Buku buku karangan Alex seperti : Batu Penjuru, Iman Harap Kasih , Declare His Glory. Dan juga buku panduan SOM “Keselamatan,(Salvation) Roh Kudus (Holy Spirit),Berkat dan Kesembuhan Ilahi (Divine Healing)dan Kedatangan Tuhan( Second Coming).
Satu hal yang mengejutkan terjadi pada tahun 1997 yang diperkuat oleh sidang sinode GBI harus menanggalkan nama lokal ( seperti Mawar Sharon, Bethany, Tiberias dll) dan diganti dengan nama Jalan/tempat dimana Gereja itu berada. Perubahan nama ini membutuhkan wakktu yang lama untuk diterima. Oleh GBI Bethany.
Pada tahun 2002, GBI Bethany Barat yang dipimpin oleh Nikko Nyotoraharjo mengikuti keputusan Sinode GBI untuk menurunkan nama Bethany . Demikian juga Timotius Arifin dari wilayah timur sekali gus menanggalkan visi Successful Bethany Families. Alex pada akhirnya bersedia menurunkan nama Bethany namun menolak untuk menghapus Visi Gereja . Visi ini tetap didukung oleh GBI Bethany wilayah tengah.
Pada tanggal 17 January 2003 didirikan satu sinode baru bernama Gereja Bethany Indonesia yang dipimpin oleh Leoonard Limanto, dan waktu itu Alex tidak termasuk dalam sinode baru tersebut ,namun tetap di sinode GBI. Setelah usaha usaha rekonsiliasi antara Alex dengan sinode GBI tidak membuahkan hasil Alex pun diberhentikan oleh BPL Sinode dengan alasan berdiri di dua sinode. Langsung saja bulan juli 2003 Alex diminta untuk bergabung dengan sinode Gereja Bethany Indonesia. TGL 18 September 2003 diadakan sidang raya sinode I Bethany di Surabaya dan memilih Alex Abraham Tanuseputra sebagai Ketusa Umum sinode.
Saat ini Gereja Bethany memiliki sekitar 300 Gereja lokal di seluruh Indonesia dan manca Negara. Dan akan merencanakan membangun satu Menara tertinggi di dunia-Menara Jakarta yang berlokasi di Kemayoran Jakarta dengan biaya 31/2 triliun diselenggarakan oleh PT Pamuja Prasadha Tama yang diketuai oleh Dr Alex Tanuseputra yang direncanakan selesai tahun 2012 nanti.
Fenomena Bethany adalah terobosan aliran Neo Pentecostal atau Kharismatik yang mengilfitrasi kedalam ranah Pantekosta Klasik. Tentunya Kirbat kulit yang lama tidak dapat menahan gelora dinamisnya anggur baru kebenaran pemulihan ( The present Day Truth). Semua orang mengetahui GBI " gaya lama" agak stagnan perkembangannya, sangat jauh jika dibanding dengan induk semangnya GPdI. Namun dengan jiwa besar dan ketajaman visi HL Senduk, Ia memanfaatkan dan mengorbitkan Alex di kalangan GBI akibatnya program dan spirit "Bethany" mengstimulir perkembangan GBI. hingga mencapai statistik anggotanya sekitar 2.400.000 jiwa.
Kasusnya serupa dengan Perkembangan Charismatic Worship Center (CWS) yang nota bene mengadopsi ajaran dan pengalaman rohani aliran Kharismatik dapat memicu pertumbuhan Gereja Gereja Sidang sidang Jemaat Allah(GSSJA).

GBI Bethany adalah Gereja yang berorientasi Kharismatik sedangkan GBI masih berorientasi Pantekosta Klasik, hanyalah dengan kebesaran jiwa dan Kepemimpinan visionaries dari HL Senduk dapat menangkap signal Gerakan Kharismatik yang ada Dari GBI Bethany pimpinan Alex. Kirbat kulit yang lama memang tidak bisa menampung air anggur baru. Alex pernah mengelilingi dunia dan mempelajari Gereja gereja didunia termasuk Gereja Kharismatik. Penghargaannya terhadap Rohkuudus dsangat kental mengingat temperamen karakternya tidak bisa ia andalkan. Ledakan Iman yang Ia dapat kan dalam proses lingkungan seperti memiliki anak yang cacat dan telah berusaha bekerja sebagai pengusaha Real estate untuk membantu Tuhan.” Kuasa Menciptakan” sebagai gabungan berpikir positif Peale,teori Probabilitas Schuller. Iman dan lain Janji Firmannya Hagin serta dimensi keempat nya David Cho menyatu dalam pelayanan dan kotbah Alex. Akibatnya dalam waktu yang singkat GBI Bethany membuka hampir 1000 gereja lokal di seluruh Indonesia.
Peristiwa yang memang sudah diprediksi akan terjadi gesekan akan terjadi dari Pantekosta Klasik (GBI) dengan GBI Bethany yang nota bene menerapkan doktrin dan pengalaman rohani khharismatik. Dan waktu itu faktor pemersatu HL Senduk sudah tidak memimpin GBI lagi, maka terjadilah peristiwa tahun 2003 dimana GBI Bethany memisahkan diri dengan Organisasi induk GBI dan membentuk sinode sendiri Gereja Bethany Indonesia walaupun sebagian besar pengikutnya tetap bernaung di GBI seperti Nikkoraharjo,GBI Gatot Subroto Jakarta, Arifin Tejasukmana GBI Lembah Pujian Denpasar.

Satu pelajaran yang berharga bagi kita bahwa Inisiatif dan pemrakarsa Kebangunan Rohani bukan manusia melainkan Allah sendiri. Manusia dengan segala kekurangannya dapat menjadi penghalang Kebangunan rohani itu sendiri. Evaluasi yang obyektif terhadap perpecahan yang terjadi di Bethany dan GBI.
  • Sikap temperamental dan emosional Pemimpin dalam mengambil keputusan penempatan pelayanan seorang Pelayan , ada tendensi masih menggunakan trik atau strategi sekuler dan duniawi.


  • Keekstriman dalam ajaran Theologia Kemakmuran dan Iman mengklaim Janji janji Allah . sehingga menimbulkan kesan bahwa orang miskin dan yang tidak berhasil dalam hidupnya digeneralisasi sebagai umat yang tidak memiliki Iman. Suatu pemahaman Theologis yang dangkal.
  • Kurangnya “Semangat Tahun Yobel” ( Belas Kasihan dan Keadilan) terhadap Pelayan Injil dan karyawan dilingkungan Gereja dan mempraktekan KKN yang diskriminatif dan banyak hamba hamba Tuhan yang sakit hati kepahitan dan hijrah ke Gereja lain .
  • Pemilihan suksesi yang tidak tepat. Sang Pemimpin memaksakan orang tertentu yang masih relative keluarga meneruskan kepemimpinan walaupun kemampuannya belum memadai. Sedangkan yang senior yang berkompeten disisihkan. Benarlah kata sesepuh Kharismatik AS , Oral Roberts: We are not Success yet unless we have a good successor




GEREJA TIBERIAS INDONESIA



Gereja ini dikategorikan berorientasi pada Pantekosta Kharismatik sama dengan Gereja Bethany. Pantekosta Klasik terlalu kaku dan tidak Fleksibel lagi menampung air anggur yang baru. Sehingga muncul Gereja baru dengan akselerasi perkembangan yang memukau.
Eksistensi Gereja Tiberias ini tidak terlepas dari Kisah pertobatan seorang Pengusaha farmasi yang bernama Drs Yesaya Pariaji isterinya Etty Daniaty. I a dan isterinya mengalami kelumpuhan bertahun-tahun dan Kuasa mujisat Tuhan menyembuhkannya.. Bermula pada Persekutuan Doa yang kecil di bilangan Jalan Kiai Maja Kebayoran Baru lalu merambah ke Ratu Plaza, Jakarta Theater pada tahun 1980 an dan sekarang membuka ibadah di sekitar 50 tempat strategis di kota Jakarta seperti: Duta Merlin,Darmala Sakti, Menteng Prada,Plasa sentral, Plasa Semanggi, Panin Bank, Roxy Mas, Puri Indah, Cinere, Cawang Kencana,Hotel Ciputra, Bekasi Trade center,Gading Marina ,Plasa Metro Sunter, Dome of Tiberias dll
Pada awalnya Gereja ini adalah bernaung dibawah Organisasi GBI (Gereja Bethel Indonesia) sampai pada tahun 2002. Jadi tatanan ibadah dan program program pelayanan menyerupai GBI kecuali beberapa keunikan seperti Penekanan pada Perjamuan Kudus, minyak urapan dan kuasa perkataan. Setiap minggu ada Perjamuan suci dipimpin oleh Pdt Pariaji dan kawan kawan dan mereka meyakini ada kuasa dalam Perjamuan suci dan minyak urapan dalam memecahkan masalah umat seperti Masalah ekonomi,keuangan,penyakit, hubungan, keluarga, tekanan roh jahat,pekerjaan, Memang dilaporkan setiap minggu lewat warta jemaat puluhan orang disembuhkan, kanker , jantung, stroke, kemandulan, tekanan ekonomi dan dibebaskan dari himpitan masalah hidup lainnya.
Pengkotbah di GTI bervariasi mulai dari tokoh tokoh tua seperti Dr Petrus octavianus, Dr Pontas Pardede,Dr Jonathan Trisna juga oleh pengkotbah muda seperti : Ara Siahaan, Yosua Tumakaka, James Baware, Herman Panggalo, Dolf Maliangkay. Pdt Gilbert L ( GBI Glow), Yuda Mailool (Yehuda Ministry)dan Dr Erastus Sabdono (GBI Rehobot) pernah memperkuat barisan Tiberias sebelum mereka membentuk Pelayanan sendiri.
Umumnya tema kotbah berkisar pada: Iman dan Keberhasilan,Kesembuhan ilahi Baptisan Roh Kudus, Kekudusan, Citra Diri , berkat Jasmani, Pertobatan, Keselamatan dan kedatangan Tuhan. Bebas dari Kutuk, Providensia Allah dll.
Hamba hamba Tuhan dituntut hidup kudus,dedikasi tinggi sama seperti pemimpinnya yang mempunyai moto kalau berdosa berani dibuang keapi neraka. Pdt Pariaji sering melihat berbagai penglihatan sorga dan mendapat perintah perintah langsung dari Tuhan apa yang harus dikerjakan.
Kritikan tajam mengalir sehubungan dengan penggunaan minyak urapan,perjamuan suci, dan penglihatan yang ia terima dan kata kata dalam kotbah yang sedikit ekstrim.Tentunya ada Theolog atau guru Alkitab yang berwewenang memelihara dan melestarikan kebenaran dari sudut pandang theologia konsevatif yang ada dalam control Roh Kebenaran itu. Lepas dari Kritikan itu diakui atau tidak Gereja Tiberias telah terbukti membawa semarak dalam euphoria perkembangan Gereja di Indonesia. Belum ada dalam sejarah Jakarta dan kota2 besar lainnya melihat perkembangan Gereja dalam menarik jiwa sebanyak dan semilitan Gereja ini bahkan dari kaum sebrang dari Turunan Kedar dan Nebayot pun tidak ketinggalan membanjiri Gereja Tuhan.
Setiap tahun dilakukan ibadah Natal di istora Bung karno yang melibatkan sejumlah 200.000 jiwa orang membuat kota Jakarta macet.
Gereja Tiberias memiliki Gedung administrasi dan ibadah di Kelapa Gading Jakarta , Sekarang ini administrasi dipusatkan ke Gedung Darmala Sakti dan merencanakan membangun beberapa gedung Gereja besar di Jakarta. Program Pelayanan selain Ibadah Raya, ibadah Wanita dan ibadah kaum muda Boanerges, diakonia, Gereja ini memiliki sebuah Sekolah Tinggi Theologia Tiberias, Terakhir ini Gereja Tiberias membuka cabang di Surabaya,Batam,Manado dan daerah lain di Indonesia.

GEREJA YESUS KRISTUS TUHAN( ABBA LOVE MINISTRIES)
Pimpinan Eddy Leo

JEMAAT KRISTEN INDONESIA
Pimpinan Petrus Agung

GEREJA INJIL SEUTUHNYA INDONESIA( GISI)
Pimpinan Jimmy Oentoro

GBI MAWAR SHARON,Jakarta
Gembala Senior: Yacob Nahuway

GBI SUNGAI YORDAN, JAKARTA
Pimpinan Yos Lamel

GBI REM (RACHMAT EMMANUEL) Jakarta
Pimpinan Conraad Supit

GBI. GLOW FELLOWSHIP CENTER. Jakarta
Digembalakan oleh Gilbert Lumoindong

GBI. KELUARGA ALLAH , SOLO
Gembala Senior : Obaja Tanto Setiawan.

GBI PEMULIHAN,JAKARTA
Gembala Senior: Silas Bella

CITY BLESSING, JAKARTA




BAB III

DOKTRIN DAN PENGALAMAN ROHANI PANTEKOSTA KHARISMATIK

A. DOKTRIN GERAKAN PANTEKOSTA
Secara umum doktrin gerakan Pantekosta mengikuti doktrin dasar gerakan-gerakan yang mendahuluinya. Seperti Pembenaran (Justifikasi) oleh iman, Penyucian (Sanktifikasi) serta mempercayai pernyataan iman ortodoks yang pernah dianut dan dipraktekkan oleh gereja mula-mula. Kaum Injili cenderung menguji kebenaran dan menetapkan ajarannya berdasarkan kriteria abad ke 18 dan abad ke 19, bukan kriteria yang ditetapkan Yesus sendiri pada abad pertama (ini adalah pengakuan dari seorang tokoh "Kaum Injili (Evangelicalisme) Dr. Stanley Health). Kaum Injil Sepenuh mau kembali kepada Injil secara penuh,lengkap atau Injil yang sejati (Alkitabiah).
Biasanya setiap gerakan, mencoba mengoreksi penyimpangan ataupun kekurangan-kekurangan doktrin serta pengalaman rohani gerakan sebelumnya dan dengan inspirasi Ilahi menambah ajaran-ajaran pemulihan yang baru. Sebagai contoh: Gerakan Protestan memprotes penyimpangan dari Gereja sebelumnya dan memulihkan kebenaran baru, yaitu antara lain: "Orang benar hidup oleh sebab iman" dan bukan oleh perbuatan dan amal baik manusia semata-mata (Efesus 2:8,9. Roma 3:25,26. Roma 1:16,17).
Pada dasarnya gerakan Pantekosta memegang teguh "Justifikasi oleh Iman" (Justification by Faith). Juga percaya bahwa setiap orang percaya adalah imam-imam dihadapan Allah (Priesthood of the believer). Dan sama seperti kaum Injili, aliran Pantekosta mengakui kredibilitas, infabilitas dan inneracy Alkitab.
Persekutuan Pantekosta Amerika Utara yang didirikan tahun 1948 merumuskan posisi Theologi Pantekosta sebagai berikut:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar